Kisah Sukses Charles Goodyear, Penemu Vulkanisasi Karet

Charles Goodyear seorang berkebangsaan Amerika yang lahir di New Haven pada tanggal 29 Desember 1800. Kisah suksesnya Charles Goodyear adalah orang pertama di dunia yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839 dan kemudian mempatenkan penemuannya itu pada tahun 1844. Seperti orang sukses lainnya "Charles Goodyear" pun pernah gagal. Pada tahun 1834, karena tidak mampu membayar hutang akibat bisnis yang gagal, dan ia harus dipenjara.
Pengusaha Amerika ini terpaksa pindah dari kehidupan mewah ke dalam sel sempit dan pengap. Namun, sebagai orang yang kreatif dan punya ide-ide segar, di dalam penjara itu ia tidak diam. Ia meneliti getah yang berasal dari pohon yang tumbuh di sekitar areal penjara.

Setelah melalui proses penelitian selama 10 tahun, Di suatu hari yang penuh keberuntungan di tahun 1839, ia membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk, yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta.

Charles Goodyear akhirnya menciptakan vulkanisasi karet yang kelak amat berguna bagi kehidupan banyak orang. Kini berkat usahanya, tercipta barang-barang dari karet, seperti bola, tas, dompet dan terutama ban kendaraan.

Goodyear Tire and Rubber Company didirikan pada tahun 1898 oleh Frank Seiberling yang merupakan produsen ban dan karet ketiga terbesar di dunia setelah Michelin dan Bridgestone. Perusahaan yang bermarkas di Ohio, Amerika Serikat ini memproduksi ban untuk mobil, pesawat terbang, dan mesin berat. Walaupun tidak memiliki hubungan, nama perusahaan ini diambil sebagai penghargaan terhadap Charles Goodyear yang menciptakan vulkanisasi karet pada tahun 1839.

Related Posts :

1 komentar:

Eel Pecidasase mengatakan...

Bearti terjadinya vulkanisir karet karena faktor keberuntungan dong.. hahahhaaa, yg kemudian dikembangkan gitu...

Posting Komentar