Senin, 04 Mei 2020

Ada 99 Jumlah Asmaul Husna Allah SWT yang Wajib Di Ketahui


Jumlah asmaul husna itu ada 100 di kurang 1 yaitu 99 dari nama Allah yang baik dan harus kita ketahui sebagai umat islam. Setiap nama – nama tersebut mewakili dari pada sifat Allah Subhana Wata’Ala. Seperti Ar Rahman yang berarti Maha Pengasih maupun Ar Rahim yang artinya Maha Penyayang. Ini artinya nama Allah Ar Rahman bersifat Yang Maha Pengasih dan nama Allah Ar Rahim  bersifat Maha Penyayang.

Asmaul husna adalah nama – nama Allah yang baik dan barang siapa menghafalkannya maka ia akan tergolong orang yang selamat di akhirat. Hal ini tentu juga harus di barengi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya yang mana merupakan tujuan hidup seorang mukmin yakni beribadah kepada Allah SWT.

Dalil mengenai asmaul husna ini adalah sebagai berikut.

Bahwasanya Rasulullah bersabda : 

“Sesungguhnya milik Allah 99 nama, barang siapa yang menghitungnya maka pasti masuk surga”.[ HR. Bukhari no. 2736, 7392, Muslim no. 6989.]

Jumlah asmaul husna yang terdiri dari 99 nama dan yakni sebagai sifat-sifat dari Allah juga sering di jadikan sebagai dzikir. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai contohnya adalah nama Allah Ar Razaq yang artinya Yang Maha Memberi Rezeki. Banyak ustadz yang telah menyanmpaikan bahwa jika kita mengamalkan dzikir Ya Razzaq Ya Razzaq terus menerus baik selepas sholat maupun kapan saja ketika kita ada waktu luang insha Allah rezeki kita akan di tambah oleh Allah SWT.

Sejak sekolah madrasah ataupun dalam pelajaran agama Islam di sekolah umum tentu nama nama asmaul husna ini sudah ada. Sebagaimana telah di ajarkan kepada murid yang beragama Islam, jadi seharusnya kita sejak SD sudah tidak asing lagi dengan nama-nama tersebut. Ketika telah dewasa banyak yang lupa karena jarang mengulangnya lagi.

Di dalam Al Qur'an juga di sebutkan “Dan Allah SWT. Memiliki asmaul husna, maka bermohonlah kepadanya dengan (menyebut) nama – namanya yang baik itu dan tinggalkanlah orang – orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-namanya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (Q.S al A’raf/7:180).

Setiap pengajian maupun perwiridan umat islam maupun di dalam masjid-mesjid selepas sholat banyak imam dan jama’ah yang melafadzkan asma’ul husna ini sebagai dzikir. Dalam kitab suci Al Qur’an terdapat nama-nama Allah yang baik ini yang bisa kita temukan biasanya ada di bagian belakang dalam sampulnya.


Bila di sebutkan nama-nama asmaul husna berjumlah 99 (Sembilan puluh sembilan) ini sebenarnya mudah di hafal jika kita punya niat yang kuat. Selain itu juga harus di ikuti dengan keyakinan bahwa menghafalkan nama-nama Allah yang baik ini akan meningkatkan keimanan kita. Manfaat jika kita menghafalnya tentulah sangat baik buat kita sebagai umat islam. Allah akan memberikan ganjaran berupa pahala yang besar untuk sebagai tabungan kita di akhirat kelak. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.