Jumat, 25 Maret 2011

4 Tipe Kepribadian Manusia

Setiap manusia di lahirkan memiliki kesamaan dan perbedaan, dan perbedaan itulah yang membuat manusia menjadi makhluk yg unik, selain mempunyai sifat saling mengasihi dan menyayangi. Manusia juga memiliki karakter masing-masing yang tentunya berbeda. Saya pernah membaca sebuah buku yang bagus karangan Florence Litauer, buku itu berjudul Personality Plus, dalam bukunya itu Florence membagi karakter manusia kedalam 4 sifat utama, yaitu Koleris, Sanguin, Melankolik dan Plegmatis.


Mengetahui setiap karakter manusia tetunya sangat berguna untuk anda yang bekerja di bagian penjualan atau marketing,  karena jika anda telah mengetahui karakter calon konsumen anda  maka anda akan tahu apa hal-hal yang di sukai dan tidak di sukai mereka, dengan sangat mudah akan terjadi penjualan. Bagi anda yang belum mengetahuinya silahkan menyimak baik-baik penjelasannya tentang karakter-karakter manusia berikut ini

1. Koleris

Adalah menyukai tantangan, bergaya boss, berjiwa pemimpin dan memerintah. Lebih banyak mengkritikdan seringkali tidak berpikir panjang atau langsung main seruduk, tidak suka di perintah dan selalu menganggap dirinya paling benar, serta biasanya tidak mau mengalah dan mau menang sendiri. Ccontohnya dapat dengan mudahj kita temui, mulai dari Ahmad Dhani sampai Hitler. Pokoknya orang  yang mempunyai sifat yang keras dan tidak mau mengalah.

2.Type Sanguin

Adalah orang yang lebih banyak humor, hidup bagaikan angin, berbelok kemana saja, sering menganggap sepele beberapa hal, yang akhirnya membawa penyakit sering lupa dan sembrono, contoh seperti ini juga dapat dengan mudah kita temui, misalnya Olga Syahputra dan para pelawak-pelawak atau bahasa kerennya bocor gitu deh.. he he he..

3.Type Melankolik

Adalah orang yang hidupnya serba teratur, mungkin sehari-hari menggunakan jadwal yang ekstra ketat, kalau mau melakukan suatu tindakan maka dia akan menunggu sampai semua komponen yang dibutuhkan terkumpul semua. Paling tidak suka melihat suasana yang berantakan dan tidak teratur. Orang seperti ini cocok menjadi seorang master plan yang ada di belakang panggung, seorang creator atau bisa di bilang seseorang yang agak sulit bersosialisasi karena sibuk dengan kesendiriannya.Contohnya bisa kita ambil Hanung Bramantyo atau Helmy Yahya.

4.Type Plegmatis

Adalah orang yang lebih suka menyendiri, kurang suka akan tantangan, dan sedikit pesimis atau agak apatis ketika ditawari suatu peluang. Namun orang Plegmatis bawaannya damai, mengalir seperti air. Kalau manusia tipe ini sih jumlahnya paling banyak di dunia, seseorang dengan tipe ini adalah seseorang yang tidak punya pendirian, selalu manut wae bahasa Jawanya, alias ngikut saja kemana temen-temennya pergi. Kurang bisa menjadi pemimpin. Karena pendiriannya selalu berubah-ubah. Contohnya bisa kita ambil adalah Nunung OVJ.

Coba anda beli buku Personality Plus tersebut, lalu isilah questioner yang ada di dalam buku tadi. Maka anda akan ketahuan mana yang dominan, apakah Koleris, Sanguin dan seterusnya. Dengan mengetahui sifat mana yang dominan, maka dibuku tersebut disebutkan kekuatan dan kelemahan dari masing-masing sifat. Harapannya dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita masing-masing berdasarkan sifat mana yang paling dominan, maka tentu kita dapat mengatur ritme sifat kita sebagai manusia.

Kadangkala diperlukan sifat koleris, kadangkala sifat melankolis. Apakah sifat manusia tersebut tidak bisa diubah? Apakah karakter atau tipe kepribadian tersebut bisa di rubah..? Setelah membaca buku tersebut dan mengikuti berbagai seminar di mana para pembicaranya merupakan orang-orang yang sudah paham tentang tipe kepribadian tersebut, saya mengambil kesimpulan bahwa karakter bawaan atau utama dari setiap orang itu ternyata tidak bisa di rubah total, namun bisa di kurangi karakter yang terlalu dominan itu dan di perkuat dengan karakter yang lain, misalnya untuk Plegmatis yang terlalu penurut, ia harus mulai berani untuk punya pendirian. Karena sejatinya setiap manusia adalah pemimpin, dan yang terkecil adalah memimpin diri kita sendiri.

Alangkah luar biasanya jika kita bisa memiliki keempat karakter tersebut, jadi kita tahu kapan harus menjadi right man on the right place.. :D

Salam Sukses Luar Biasa..

::Bang_Andre::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.